20 August 2018
AC MOBIL BERDESIS DAN PENYEBABNYA

Pernahkah Anda merasa kenapa AC Mobil berbunyi mendesis, kadang dingin dan kadang tidak dingin? Sudah dicek kesana kemari tapi belum menemukan solusinya. Nah pada artikel hari ini kita kan coba menelaah satu persatu masalah pada AC yang membuat kebanyakan pengemudi bingung.

 

Desisan pada AC adalah hal yang wajar dalam dunia otomotif. Bunyi desisan ini berasal dari katup ekspansi yang terdapat didekat evaporator dan evaporator ini terletak di dalam dashboard. Hal ini terjadi karena freon dari kompresor melewati celah kecil pada katup ekspansi dan bunyi desisan ini akan berhenti ketika kipas ac sudah berputar dengan sempurna.

 

AC Mobil mendesis namun AC masih terasa dingin maka itu berarti AC anda masih normal, nah jika bunyi AC mendesis dan tidak kunjung dingin itu tanda bahwa ac mobil anda ada yang tidak berkerja dengan baik.

 

Tanpa Panjang lebar lagi mari kita simak apa penyebab ac mobil tidak berkerja dengan maksimal.

  1. Freon kurang/habis

Jika Freon Kurang, kompresor akan menekan freon dengan kencang agar sistem pendingin tetap berfungsi dengan baik. Akibatnya Freon yang melewati katup ekspansi semakin kencang yang menyebabkan bunyi desisan pada kisi-kisi dan ac yang tidak kunjung dingin.

 

  1. Evaporator Kotor

Masih berhubungan dengan point ke-1. Kali ini jika evaporator kotor juga menyebakan penurunan kualitas dari ac itu sendiri. Dalam hal ini thermostat akan mendeteksi suhu yang kurang digin dan kompresor dipaksa untuk kerja keras dan menambah kecepatan aliran freon.

 

  1. Katup Ekspansi Mampet

Dalam pipa-pipa ac terdapat sebuah lubang kecil yag dijadikan tempat untuk mengeluarkan freon dari saluran tinggi ke evaporatoryang memiliki tekanan rendah. Nah jika Katup ekspansi ini mampet maka akan menyebabkan aliran freonnya menjadi lebih cepat, sehingga terdengar bunyi desisan sampai ke kisi-kisi ac.

 

  1. Thermostat rusak

Thermostat adalah sensor yang medeteksi udara yang melewati blower. Sensor ini berfungsi mendeteksi suhu ac. Jika thermostat ini rusak maka fungsi pengukur suhunya menjadi kurang akurat , sehingga sensor memerintahkan kompresor bekerja lebih keras dan menyebabkan aliran freon menjadi lebih cepat dan menimbulkan bunyi mendesis.

 

Demikian 4 hal yang paling sering ditemukan jika AC mobil tidak bekerja dengan normal, dan sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika mendengar bunyi mendesis di kisi-kisi AC mobil anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Silahkan dishare ke teman-teman dan keluarga jika dirasa artikel ini bermanfaat. Salam.



OTHER ARTICLES
08 August 2018
4 Tools Yang Wajib Tersedia di Mobil
06 August 2018
3 Tanda Kerusakan Pada Rem Mobil
07 June 2018
3 Fitur Keselamatan Yang Harus Ada Pada Mobil Anda
Kini kami telah hadir di








Tamura - Automotive Spare Parts

Produk-produk dari Tamura dan VON diproduksi dengan memperhatikan setiap detail dan melewati berbagai tes uji coba agar memastikan kualitas produk kami yang terkirim pada anda adalah yang terbaik.

SUBSCRIBE FOR NEWSLETTER

Company Info
TAMURA INDONESIA 

 

Head Office

Jl. Satu Maret, Kompleks Ruko CBD Palem, Blok B1 No.30

Pegadungan, Kalideres

Jakarta Barat, 11830

DKI Jakarta

Telp : 021-54317077

Fax : 021-54317077

 

Brach Office

Taman Surya 5, Blok RR1 No.7

Pegadungan, Kalideres,

Jakarta Barat

 


Customer Service
Layanan cepat / Order by call : 0811 9711 766 (Jam kerja : 09.00 - 17.00)
Whatsapp : 0811 9711 766

Wholesale, Reseller or Dropship
Untuk mendapatkan hak akses wholeseller, silahkan register dan beritahukan kepada kami nama anda, nama usaha (toko) anda dan alamat email yang terregister berserta link web anda atau account social media anda ke purchasing@tamura.id
Syarat dan ketentuan reseller dapat klik disini.

Supplier
Anda memiliki produk yang relevan dengan usaha kami, ajukan penawaran produk anda ke purchasing@tamura.id

Jam operasional  :

Senin s/d Jumat : 09.00 - 17.00 WIB.

Sabtu - Minggu : Tutup.

Follow Us on Social Media