05 February 2022
MENJADI MODEL TERPISAH, SEPERTI APA PERBEDAAN KARAKTER TOYOTA AVANZA DAN VELOZ?
Toyota merilis dua model baru sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Kedua model tersebut adalah Veloz dan Avanza yang sekarang memperkuat diri sebagai dua spesies yang berbeda. Keduanya sering dikenal dalam tingkatan yang sama, namun kini Veloz muncul sebagai model lain yang ditempatkan di layer antara Innova dan Avanza.
Kini Toyota Avanza dan Veloz telah secara resmi dipisah. Keduanya memiliki tingkatan yang berbeda. Dari segi harga, Toyota Veloz dibanderol lebih tinggi dibanding Avanza, yaitu seharga Rp 251,2 juta hingga Rp 291,5 juta. Sementara itu, Avanza dibanderol mulai harga Rp 206,2 juta hingga Rp 264,4 juta.
Walaupun dibanderol dengan harga lebih tinggi, ternyata permintaan Veloz justru lebih banyak dibandingkan Avanza. Pada periode pertama perkenalan model baru ini, terjadi perubahan komposisi permintaan antara Avanza dan Veloz terbaru dibandingkan generasi sebelumnya. Jika di generasi sebelumnya Avanza lebih dominan dengan rata–rata komposisi 68,3%, pada generasi baru ini justru Veloz yang lebih mendominasi dengan komposisi 67,4%.
Lalu apa yang melandasi Toyota memisahkan Avanza dan Veloz? Seperti apa perbedaannya? Dijelaskan oleh Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), segmen pembeli Veloz dengan Avanza memang memiliki perbedaan.
"Mungkin beda ya dibandingkan dulu, di tahun 2011-2012, New Avanza dan New Veloz itu masih dekat gitu ya. Tapi sekarang dari segi produk, branding, All New Avanza dan All New Veloz memang kita buat lebih berbeda," ungkap Anton Jimmi pada ajang Journalist Test Drive Toyota All New Avanza dan All New Veloz di Bali.
All New Veloz dan All New Avanza secara garis besar memang pengembangannya benar-benar baru dan dibedakan dari awal untuk memenuhi 2 karakter konsumen dan kebutuhan mobilitas yang berbeda. All New Avanza dibangun sebagai kendaraan fungsional yang bisa diandalkan dengan nilai value for money yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan karakter konsumennya yang lebih mengedepankan aspek fungsional untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka, baik di dalam ataupun luar kota.
"Karena kita juga menyasar segmen yang juga berbeda. Tidak melupakan bahwa segmen Avanza itu adalah segmen pembeli mobil pertama. Kita mempertahankan value for money dan new platform, new engine, dan juga kenyamanan untuk Avanza yang baru," jelas Anton.
Sementara All New Veloz yang memiliki daya tarik dalam hal emosional yang lebih kuat dan memiliki positioning yang agak berbeda. Premium Cross MPV didesain dengan eksterior yang stylish dan premium, serta dilengkapi dengan fitur advance yang lengkap yang memanjakan penumpang. Hal ini tentunya sesuai dengan karakter konsumennya yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas lifestyle mereka sehari-hari di berbagai lokasi.
"Veloz ya pastinya beda. Karena kan Veloz ini spesifikasi, fitur, desainnya, memang kita posisikan di segmen yang di atas sebelumnya. Jadi kebanyakan boleh dibilang customer-nya adalah additional dan replacement, dibandingkan first buyer,” ujar Anton. "Tapi kita tidak menutup mata bahwa ada segmen yang butuh styling yang lebih sporty, lebih premium, fitur-fitur yang lebih lengkap, dan itu kita sematkan ke All New Veloz." OTHER ARTICLES
|
Tamura - Automotive Spare Parts
Produk-produk dari Tamura dan VON diproduksi dengan memperhatikan setiap detail dan melewati berbagai tes uji coba agar memastikan kualitas produk kami yang terkirim pada anda adalah yang terbaik. SUBSCRIBE FOR NEWSLETTER
|
|
Company Info
TAMURA INDONESIA
Head Office
Jl. Satu Maret, Kompleks Ruko CBD Palem, Blok B1 No.30
Pegadungan, Kalideres
Jakarta Barat, 11830
DKI Jakarta
Telp : 021-54317077
Fax : 021-54317077
Brach Office
Taman Surya 5, Blok RR1 No.7
Pegadungan, Kalideres,
Jakarta Barat
Customer Service
Layanan cepat / Order by call : 0811 9711 766 (Jam kerja : 09.00 - 17.00)
Whatsapp : 0811 9711 766
Wholesale, Reseller or Dropship
Untuk mendapatkan hak akses wholeseller, silahkan register dan beritahukan kepada kami nama anda, nama usaha (toko) anda dan alamat email yang terregister berserta link web anda atau account social media anda ke purchasing@tamura.id
Syarat dan ketentuan reseller dapat klik disini.
Supplier
Anda memiliki produk yang relevan dengan usaha kami, ajukan penawaran produk anda ke purchasing@tamura.id
Jam operasional :
Senin s/d Jumat : 09.00 - 17.00 WIB.
Sabtu - Minggu : Tutup.