03 September 2018
SERBA SERBI BAN MOBIL

Ban merupakan salah satu perangkat yang paling penting di kendaraan, sebabnya ban adalah satu-satunya komponen dari sekian banyak komponen yang menjejak aspal secara langsung. Kebanyakan pengemudi sering mengabaikannya, padahal ini sangat beresiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

 

Pada umumnya kondisi ban yang baik bisa dilihat dengan indeks TWI, Tread Wear Indicator, yakni indikator segitiga yang terdapat disisi ban. Atau bisa dilihat dari bunga/patern di ban mobil anda, biasanya kalau ban sudah tidak layak pakai maka posisi antara pattern dengan tapak ban sudah hampir sama rata atau lebih sederhana patern pada ban sudah sangat tipis sekali. Nah pada saat itulah ban sudah mesti diganti karena sudah tidak layak pakai.

 

Sayangnya masih banyak pengemudi yang mengabaikan hal ini. Menurut data 35% pengemudi tidak mengetahui bahwa ban pada mobilnya sudah tidak layak pakai. Padahal ban yang botak bisa sangat berbahaya sekali apalagi kalau sudah memasuki musim hujan seperti saat ini. Sebab daya cengkram ban ketika melewati genangan air dijalan bisa hilang sama sekali dan membuat mobil tidak dapat dikendalikan. Makanya permilik kendaraan senatiasa harus selalu mengecek kondisi ban.

 

Nah kembali lagi menurut data, 40% pengendara mobil hanya menilai tekanan angina pada ban mobilnya melalui penglihatan saja, dan hanya 17% pengendaran yang benar-benar mengetahui tekanan angin yang baik pada kendaraannya.

 

Tekanan angin yang ideal untuk kendaraan anda bisa dilihat dari sisi bahwa pintu pengemudi, disana tertera bahwa tekanan angin yang pas untuk mobil anda itu seberapa, jadi jangan hanya dilihat dan dikira-kira saja yah teman-teman.

 

Oh iya tekanan angin yang baik juga berpengaruh pada umur sebuah ban lho teman-teman, jika tekanan angin terlalu kempis akan menyebabkan ban mobil mendapat tekanan dari perputaran dan berat kendaraan, jika hal ini dibiarkan terus terjadi akan mengakibatkan ban benjol atau yang paling parahnya ban akan meledak karena tidak kuat menahan tekanan.

 

Sebaliknya jika ban dipompa teralalu kencang, akan menyebabkan mobil bergetar. Kebanyakan orang yang mengalami hal ini akan berpikir bahwa shockbreakernya rusak. Jadi teman-teman jangan abaikan kondisi ban kita ya, segera cek tekanan angin dan kondisi ban anda di bengkel-bengkel kesayangan yah.

 

Jika Anda butuh sparepart untuk mobil anda, jangan lupa cek di www.tamura.id ya, banyak diskon dan cashback yang menarik untuk anda semua. Butuh Sparepart Mobil? Tamura-in aja.



OTHER ARTICLES
20 August 2018
AC Mobil Berdesis dan Penyebabnya
08 August 2018
4 Tools Yang Wajib Tersedia di Mobil
06 August 2018
3 Tanda Kerusakan Pada Rem Mobil
07 June 2018
3 Fitur Keselamatan Yang Harus Ada Pada Mobil Anda
Kini kami telah hadir di








Tamura - Automotive Spare Parts

Produk-produk dari Tamura dan VON diproduksi dengan memperhatikan setiap detail dan melewati berbagai tes uji coba agar memastikan kualitas produk kami yang terkirim pada anda adalah yang terbaik.

SUBSCRIBE FOR NEWSLETTER

Company Info
TAMURA INDONESIA 

 

Head Office

Jl. Satu Maret, Kompleks Ruko CBD Palem, Blok B1 No.30

Pegadungan, Kalideres

Jakarta Barat, 11830

DKI Jakarta

Telp : 021-54317077

Fax : 021-54317077

 

Brach Office

Taman Surya 5, Blok RR1 No.7

Pegadungan, Kalideres,

Jakarta Barat

 


Customer Service
Layanan cepat / Order by call : 0811 9711 766 (Jam kerja : 09.00 - 17.00)
Whatsapp : 0811 9711 766

Wholesale, Reseller or Dropship
Untuk mendapatkan hak akses wholeseller, silahkan register dan beritahukan kepada kami nama anda, nama usaha (toko) anda dan alamat email yang terregister berserta link web anda atau account social media anda ke purchasing@tamura.id
Syarat dan ketentuan reseller dapat klik disini.

Supplier
Anda memiliki produk yang relevan dengan usaha kami, ajukan penawaran produk anda ke purchasing@tamura.id

Jam operasional  :

Senin s/d Jumat : 09.00 - 17.00 WIB.

Sabtu - Minggu : Tutup.

Follow Us on Social Media