17 June 2022
MENGENAL MLFF, SISTEM BAYAR TOL NIRSENTUH YANG SIAP GANTIKAN KARTU E-TOLL

Kini, sistem pembayaran tarif tol akan dimudahkan dengan adanya bayar tol nirsentuh atau yang dikenal sebagai Multi Lane Free Flow (MLFF). Penerapan sistem ini sehubungan diberlakukannya konsep intelligent toll road system oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Teknologi pada MLFF bekerja dengan mengirim sinyal GPS yang dapat mendeteksi lokasi kendaraan, sehingga tak perlu lagi adanya gerbang tol sebab saldo akan terpotong secara otomatis sesuai dengan tarif jalan tol tertentu.  Rancangan sistem ini akan dilakukan uji coba bertahap di enam ruas jalan tol pada awal tahun 2023 sebelum diterapkan penuh pada 2024 mendatang. Diantaranya ruas jalan Tol Jagorawi,  Tol Bali Mandara, Tol Dalam Kota, Tol Jakarta Cikampek, dan Tol JOR. Dalam uji coba ini, tidak disarankan untuk para pengguna kendaraan pribadi, sebab populasi kendaraan pribadi relatif lebih banyak sehingga berpotensi terjadinya margin error pada tahap awal. Nantinya, para pengguna tol tidak perlu lagi berhenti apalagi mengantre tapping kartu untuk bayar tol. 

 

Ada tiga metode pembayaran yang bisa kita pilih, yaitu electronis on-board unit (E-OBU), on board unit (OBU), dan electronic route ticket. Pada metode E-OBU kita hanya perlu mengunduh aplikasi di ponsel yakni aplikasi cantas, kemudian pengguna bisa memilih metode pembayarannya setelah melakukan registrasi data. Bagi kalian yang jarang bertukar kendaraan dan memiliki smartphone lebih disarankan menggunakan metode ini.  Sedikit berbeda dengan OBU yang mana kita bisa membeli perangkat OBU dan dapat ditempel di kendaraan kita masing-masing. Sehingga metode ini lebih diperuntukkan untuk kendaraan yang sering digunakan dengan pengemudi yang berbeda. Sedangkan untuk menggunakan electronic route ticket, kita dapat dengan mudah membeli e-ticket di aplikasi atau situs resmi MLFF, dengan menentukan titik masuk dan titik keluar tol. Cara ini lebih direkomendasikan untuk kalian yang jarang berpergian menggunakan jalan tol. 

 

Dalam menerapkan sistem baru ini, diperlukan kesiapan yang matang dari berbagai aspek, namun aspek infrastruktur telekomunikasi menjadi hal yang serius. Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, "Perlu dipastikan infrastruktur mendukung. Sebab jika terkait ponsel, maka sinyal internet harus tersedia dengan baik. Jangan sampai sinyal tidak ada kemudian jadi kendala ketika melewati pintu tol,”. Tentu kesiapan ini perlu diujicoba lebih dulu sampai betul-betul layak secara teknis, ekonomis, dan lainnya. Sehubungan dengan hal ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) turut memastikan jaringannya sudah siap mendukung penerapan sistem MLFF. Saat ini jaringan XL Axiata sudah tercover di seluruh ruas tol dengan sinyal 4G. Diikuti juga dengan Telkomsel yang secara bertahap sedang memastikan seluruh kawasan tol terlayani dengan jaringan broadband terkini 5G yang dapat mendukung sistem transportasi digital yang lebih seamless seperti MLFF. 

 

Seperti penuturan, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhamad Arif, menilai bahwa Indonesia saat ini telah siap menerapkan sistem MLFF dengan catatan sosialisasi yang harus masif agar masyarakat dapat memahami cara pengunaannya. Harapannya sistem MLFF ini dapat mengurangi angka kemacetan di tol mengingat adanya antrean tapping kartu saat pembayaran khususnya saat mudik lebaran. Dengan begitu, bayar tol nirsetuh ini akan melahirkan berbagai perubahan yang sangat besar yakni antrean menjadi 0 detik yang sebelumnya membutuhkan waktu maksimal 10 detik dengan pembayaran tol elektronik (e-money). Manfaat lainnya antara lain meminimalisir bahan bakar kendaraan, efisiensi waktu transaksi, dan biaya operasional. Namun disamping itu potensi pelanggaran juga rentan terjadi, pelaku non-buying customer atau konsumen yang tidak membayar dikhawatirkan banyak bermunculan karena tidak ada lagi gerbang tol. 

 

 




OTHER ARTICLES
03 March 2022
Lebih Murah Dibanding Pesawat! Yuk Intip Rincian Biaya Road Trip Jakarta Menuju Bali
03 March 2022
Inilah Tips Road Trip Jakarta- Jogja, Mudah Aksesnya
02 March 2022
Premium Dan Pertalite Akan Dihapus ! Apa Pengaruhnya Ke Mobil Anda ?
02 March 2022
Berencana Membeli Mobil Bekas Taksi? Inilah Tips Memilihnya
01 March 2022
Kondisi Mobil Yang Perlu Di Cek Sebelum Menyetir Ke Luar Kota
01 March 2022
Berapa Sih Tarif Tol Jakarta Sampai Surabaya?
26 February 2022
Prospek Mobil Listrik Di Indonesia, Langkah Tepat Kurangi Konsumsi BBM
26 February 2022
Siap Beralih ke Mobil Listrik? Inilah Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia
25 February 2022
Kenali Fungsi Komponen Fuel Gauge
25 February 2022
Kamu Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Pertamax dan Pertamax Plus
Kini kami telah hadir di








Tamura - Automotive Spare Parts

Produk-produk dari Tamura dan VON diproduksi dengan memperhatikan setiap detail dan melewati berbagai tes uji coba agar memastikan kualitas produk kami yang terkirim pada anda adalah yang terbaik.

SUBSCRIBE FOR NEWSLETTER

Company Info
TAMURA INDONESIA 

 

Head Office

Jl. Satu Maret, Kompleks Ruko CBD Palem, Blok B1 No.30

Pegadungan, Kalideres

Jakarta Barat, 11830

DKI Jakarta

Telp : 021-54317077

Fax : 021-54317077

 

Brach Office

Taman Surya 5, Blok RR1 No.7

Pegadungan, Kalideres,

Jakarta Barat

 


Customer Service
Layanan cepat / Order by call : 0811 9711 766 (Jam kerja : 09.00 - 17.00)
Whatsapp : 0811 9711 766

Wholesale, Reseller or Dropship
Untuk mendapatkan hak akses wholeseller, silahkan register dan beritahukan kepada kami nama anda, nama usaha (toko) anda dan alamat email yang terregister berserta link web anda atau account social media anda ke purchasing@tamura.id
Syarat dan ketentuan reseller dapat klik disini.

Supplier
Anda memiliki produk yang relevan dengan usaha kami, ajukan penawaran produk anda ke purchasing@tamura.id

Jam operasional  :

Senin s/d Jumat : 09.00 - 17.00 WIB.

Sabtu - Minggu : Tutup.

Follow Us on Social Media